Kamis, 24 Mei 2018

Cerita dari acara Napak Tilas Barnabas


Beberapa waktu lalu, saya dan Dewi menerima undangan dari keluarga besar SD Kanisius Kenalan yang sekaligus panitia Napak Tilas Barnabas Sarikrama. Karena saya sudah pernah mendengar perihal Barnabas Sarikrama, dan juga karena saya tidak sempat mengikuti Napak Tilas yang sama pada tahun kemarin, saya mengatur jadwal agar bisa mengikuti acara Napak Tilas Barnabas kali ini. Tentang Barnabas Sarikrama sudah saya ceritakan dalam postingan sebelumnya, bisa dibaca di sini
Ada keistimewaan yang mendorong saya mengikuti Napak Tilas Barnabas kali ini. Dari sejarahnya, Minggu, 20 Mei 1904 adalah hari pembabtisan Barnabas, bertepatan dengan hari raya Pentakosta. Dan Napak Tilas Barnabas kali ini, Minggu, 20 Mei 2018 adalah peringatan 114 tahun babtisan Barnabas, bertepatan pula dengan hari raya Pentakosta. Selain itu saya pribadi tertarik dengan sosok Barnabas, yang pembabtisannya menjadi titik mula penyebaran iman Katolik di wilayah Kalibawang, Kulon Progo pada umumnya, serta wilayah pegunungan Menoreh yang terbagi dalam wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah sekarang.
Sebenarnya saya dan Dewi pernah berencana akan ke Kenalan pada Sabtu sore atau malam. Hitung-hitung bisa lebih banyak punya kesempatan silaturahmi bersama para guru dan pegawai SD Kanisius Kenalan, juga para orang tua di sana. Atau misalnya tidak kesampaian karena keluarga besar SD Kanisius Kenalan yang menjadi tuan rumah kegiatan Napak Tilas Barnabas tentu akan sangat sibuk, mungkin kami bisa bermalam di rumah Mas Kaca dan Mbak Santi, memenuhi beberapa kali ajakan mereka yang belum kami penuhi. Karena beberapa hal yang harus kami selesaikan sampai Sabtu malam, rencana bermalam di Kenalan akhirnya batal. Malam itu Dewi menghubungi Dewa yang juga akan berangkat mengikuti acara besok. Mungkin mau berangkat bareng dari Yogyakarta. Karena Dewa akan berangkat bersama Herlin dan Galih, dan mereka menggunakan mobil maka kami akan langsung bertemu di Kenalan.
Minggu, 20 Mei 2018, kurang-lebih pukul 07.00 saya dan Dewi berangkat menuju Kenalan. Dengan perhitungan waktu dan perjalanan normal, waktu tempuh sekitar satu jam. Kami tiba di Kenalan sekitar pukul 08.00. Banyak orang sudah berkumpul. Orang-orang dari Paroki Promasan sendiri, dari Yogyakarta, Muntilan, Magelang, Temanggung, Semarang, dan berbagai tempat lainnya. Banyak juga dari sekolah yang dinaungi Yayasan Kanisius, pengurus Yayasan Kanisius sendiri, juga simpatisan. 

Setelah bertemu dengan para guru SD Kanisius Kenalan dan beberapa orang tua murid yang sudah kami kenal sebelumnya, Dewi langsung bergabung bersama Dewa, Herlin dan Galih. Saya sibuk mengambil gambar. Seperti setiap kesan yang saya dapat ketika datang ke sekolah ini, anak-anak SD Kanisius Kenalan selalu menarik. Kali ini hal menarik yang saya rekam adalah acara Napak Tilas ini dipandu oleh anak-anak SD Kanisius Kenalan. Mulai dari penyambut tamu yang datang, pembukaan acara oleh Presiden Republik Anak Kenalan, pemandu napak tilas dan lain-lain, masing-masing melaksanakan tugasnya dengan baik. Pukul 09.30 acara Napak tilas dimulai. 

NAPAK TILAS
Napak Tilas Barnabas merupakan kesempatan untuk mengingat dan merenungkan pokok-pokok perjalanan hidup barnabas Sarikrama. Napak Tilas dijalankan dan dihayati dalam suasana doa. Bertepatan dengan hari raya Pentakosta, napak Tilas ini berisi permohonan agar dalam terang Roh Kudus keteladanan dan keutamaan Barnabas Sarikrama menginspirasi hidup sebagai orang beriman Katolik. Ngrukti Wiji Angesti Suci, merawat benih keutamaan iman demi kesucian hidup.
Napak Tilas ini dibagi dalam dua kategori. Yang pertama adalah Napak Tilas pendek, yang diikuti oleh anak-anak kelas 1 dan 2 SD dari Kanisius Kenalan dan SD Kanisus Promasan. Kategori kedua adalah Napak Tilas Panjang, yang diikuti oleh umat paroki Promasan, keluarga besar Kanisius baik dari Yayasan Kanisius maupun sekolah-sekolah di bawah naungan Yayasan Kanisius, juga peminat dan simpatisan.
Karena saya mengikuti Napak Tilas kategori panjang, berikut catatan dari beberapa titik perhentian napak tilas ini. Beberapa anak dari SD Kanisius Kenalan bertugas sebagai pemandu, pembaca cerita dan penyampai intisari nilai yang dapat dipetik dari kisah hidup Barnabas, juga pemimpin doa. 

Perhentian I: Kapel Kerug 
Kapel Kerug merupakan titik pertama Napak Tilas, terletak di antara dusun Kapuhan, Wonokriyo, Kerug Munggang dan Kerug Batur. Tempat-tempat ini merupakan wilayah pengajaran agama Barnabas. Di Kerug Batur terdapat gua yang konon merupakan tempat semedi Barnabas Sarikrama. Titik ini juga menjadi rute perjalanan Rm.Van Lith dari Muntilan ke Sendangsono: Muntilan – Mendut – Borobudur – Kerug – Sendangsono.


Perhentian II: Jengger
Tempat ini merupakan punggung bukit kecil yang menyerupai jengger ayam jago. Menurut cerita, tempat ini merupakan menara alami untuk mengintai musuh pada masa perang Diponegoro. Dalam perkembangannya, titik ini menjadi tempat beristirahat bagi orang yang melakukan perjalanan. Di tempat ini pula Barnabas Sarikrama sering beristirahat dalam perjalanan mengajar agama Katolik dari kampung ke kampung. Di tempat ini pula tongkat dari kayu Pule yang dipakai Barnabas Sarikrama tumbuh menjadi pohon Pule yang besar. 

Perhentian III: Gapura 
Gapura adalah tempat yang menjadi batas antara Kajoran dan Keruh/Kapuhan, terletak di sebelah selatan dusun Madugondo. Konon pada masa perang, tempat ini menjadi saksi sejarah berdamainya dua pihak yang berperang. Maka tempat ini dinamai Gapura, dimaknai apura ing ngapuran, saling memaafkan, damai. Semoga sikap saling memaafkan dan damai berkembang di Indonesia.



Perhentian IV: Kapel Kajoran 
Dusun Kajoran merupakan tempat Barnabas Sarikrama berguru kepada Suratirta. Di tempat ini pula Barnabas menikah dengan anak perempuan Suratirta dan membangun kehidupan keluarganya. Di Kapel Kajoran masih terdapat lonceng Angelus peninggalan Rm.Prennthaler, SJ.







Perhentian V: Makam Barnabas 
Meskipun Barnabas tinggal dan hidup di Kajoran, beliau dimakamkan di makam Semagung, Sendangsono. Alasan pemakaman di tempat ini terkait perjuangannya yang begitu luar biasa terhadap penyebaran agama dan perkembangan umat Katolik, juga hubungannya yang erat dengan sejarah pembabtisan pertama di Sendangsono.





Rangkaian acara Napak Tilas Barnabas ditutup dengan perayaan Ekaristi di pelataran Gua Maria Lourdes Sendangsono. Selain merayakan hari raya Pentakosta, perayaan ini untuk memperingati 114 tahun pembabtisan Barnabas Sarikrama dan syukur menjelang 100 tahun Yayasan Kanisius.

Catatan (bukan) kaki:
  • Mendung telah menggantung di langit ketika menjelang berakhirnya perayaan Ekaristi. Dan tepat setelah perayaan Ekaristi berakhir, hujan turun mengguyur Sendangsono. 
  • Hujan membuat saya merindukan kopi. Kerinduan ini sedikit terobati saat Dewa menawarkan satu cup bertuliskan Coffee, dilengkapi gambar biji kopi, yang ternyata isinya coklat hangat.
  • Karena hujan, Herlin menghubungi driver mobil yang mereka gunakan untuk menjemput dari SD Kenalan ke Sendangsono. Dalam perjalanan mobil tersebut mogok. Herlin, Dewa dan Galih lalu menumpang sebuah mobil menuju lokasi mobil mereka mogok.
  • Saya dan Dewi bersama guru-guru SD Kenalan dijemput mobil pick-up. Dari Sendangsono menuju SD Kenalan, mas sopir memilih rute yang tidak melalui jalan utama. Memilih jalan pintas, demikian kata pak Simus. Jalan pintas ini merupakan sejumlah tanjakan dengan kemiringan 45-50 derajad. Ditambah kondisi jalan yang basah karena hujan, cukup untuk membangkitkan adrenalin.
  • Tiba di SD Kenalan, saya, Dewi, pak Simus dan pak Frans mencoba menanyakan kabar Dewa dkk. Ternyata mobil mereka harus diderek menuju bengkel terdekat. Pak Simus yang akan lalu menjemput Galih, karena Galih harus kembali ke Jakarta dengan jadwal kereta jam 9.
  • Dengan menggunakan jas hujan yang dipinjamkan Dewa, saya dan Dewi kembali ke Yogyakarta.
  • Rencana mampir ke rumah mas Kaca dan mbak Santi batal, dan kami jadwalkan untuk berkunjung pada lain waktu.
Tim Horee... ☺



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Segala kritik dan saran silahkan diposkan di sini